Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK MATERI BANGUN RUANG KELAS V SDN 72 PALEMBANG

Ferni, Wahyuni (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK MATERI BANGUN RUANG KELAS V SDN 72 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
D. COVER + LEMBAR PENGESAHAN .pdf

Download (188kB)
[img] Text
A. ABSTRAK-INDONESIA.pdf

Download (113kB)
[img] Text
F. BAB I.pdf

Download (305kB)
[img] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin canggih, membawa dunia pendidikan juga harus setara dengan kemajuan teknologi yang ada saat ini. Sama halnya dengan media pembelajaran, yang mana media pembelajaran memiliki peranan yang penting dalam menunjang pendidikan seperti di dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran adalah sebuah alat bantu yang dapat digunakan dalam proses pemebajaran supaya pembelajaran menjadi lebih bervariasi serta membuat siswa aktif sehingga mampu mencapai tujuan pembelajaran. Bersarkan hasil analisis yang peneliti dapatkan, beberapa permasalahan disebabkan karena kurangnya penggunan media misalnya pembelajaran yang monoton, kurang pahamnya peserta didik terhadap materi pemebalajaran terutama pada mata pelajaran matematika. Sehingga dari beberapa permasalah tersebut peneliti melakukan pengembangan suatu produk media pembelajaran yaitu flipbook guna sebagai solusi dari permasalahan tersebut dan materi bangun ruang sebagai isinya. Penelitian ini dilakukan guna untuk mengetahui hasil kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dari pengunaan media flipbook tersebut. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode Research and Development (RnD) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Subjek dari penelitain ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 72 Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah angket, tes hasil belajar dan dokumentasi. Sehingga hasil analisis data yang didapatkan melaluai 3 validator sebesar 89,16% yang masuk dalam kategori “sangat valid”. Selanjutnya melalui uji coba one to one, small group dan respon guru dinyatakan “sangat praktis” dengan perolehan nilai sebesar 89,28%. “sangat efektif” dengan skor 90,33% dari hasil uji lapangan melalui pemberian soal posttest.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorNora, SurmilasariNIDN0204118901
ContributorJayanti, JayantiNIDN0225028504
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 19 Jul 2024 07:42
Last Modified: 19 Jul 2024 07:42
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/169

Actions (login required)

View Item View Item