Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENERAPAN TEKNIK RUMPANG DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI UNTUK SISWA KELAS IV SDN 01 KURIPAN

AUDIA, RAMAYANTI (2024) PENERAPAN TEKNIK RUMPANG DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI UNTUK SISWA KELAS IV SDN 01 KURIPAN. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. coper 1.pdf

Download (227kB)
[img] Text
a. abstrak bahasa indonesia.pdf

Download (196kB)
[img] Text
g. bab I .pdf

Download (240kB)
[img] Text
l. dapus.pdf

Download (430kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis siswa setelah diterapkan teknik rumpang dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada keterampilan menulis deskripsi untuk siswa kelas IV di SD Negeri 01 Kuripan. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan jenis Quasi Eksperimen. Variabel penelitian ini yaitu keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV setelah menggunakan teknik rumpang. Subjek penelitian adalah Siswa dan Siswi kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Kuripan yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik Tes statistik deskriptif dapat menentukan presentasi skor keterampilan menulis deskripsi. Dari hasil penelitian di temukan bahwa keterampilan menulis deskripsi setelah diterapkan teknik rumpang. dan rata-rata presentasi skor keterampilan menulis 84,2 % hal ini menujukan keterampilan menulis deskripsi dalam kategori sangat baik

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorLusiana, LusianaNIDN0020076301
ContributorAan, SuriadiNIDN0230077202
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 20 Nov 2024 03:49
Last Modified: 20 Nov 2024 03:49
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1658

Actions (login required)

View Item View Item