Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH ICE BREAKING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPAS SISWA KELAS V SD NEGERI 72 PALEMBANG

Anggun Ratna, Sari (2024) PENGARUH ICE BREAKING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPAS SISWA KELAS V SD NEGERI 72 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
D. COVER + LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (340kB)
[img] Text
A. ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (112kB)
[img] Text
F. BAB I.pdf

Download (236kB)
[img] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Ice Breaking terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran IPAS siswa kelas V SD Negeri 72 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen True Eksperimen design dengan menggunakan desain penelitian posttest only control design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 72 Palembang yang berjumlah 40 orang. Sampel penelitian yang digunakan yaitu kelas V A sebagai kelas kontrol berjumlah 20 siswa dan kelas V B sebagai kelas eksperimen berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi, Angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deksriptif kuantitatif menggunakan uji t. Hasil penelitian diperoleh nilai tersebut menunjukkan bahwa t-hitung > t-tabel (4,167 > 1,685). Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, dalam artian terdapat pengaruh yang signifikan antara Ice Breaking terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran IPAS siswa kelas V SD Negeri 72 Palembang. Kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan menerapkan Ice Breaking game, menyanyi, tebak-tebakan dan tepuk tangan memperoleh nilai rata-rata hasil belajar 79,5 lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 61,25. Dengan demikian terdapat pengaruh Ice Breaking terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran IPAS siswa kelas V SD Negeri 72 Palembang.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorZahruddin, HodsayNIDN0203047202
ContributorAnggria Septiani, MulbasariNIDN0231088901
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 12 Nov 2024 02:30
Last Modified: 12 Nov 2024 02:30
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1574

Actions (login required)

View Item View Item