Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA DI SD NEGERI 92 PALEMBANG

ALIYA SHABIRAH, BUDIMAN (2024) PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA DI SD NEGERI 92 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER + Lembar Pengesahan.pdf

Download (46kB)
[img] Text
a. ABSTRAK - Indonesia.pdf

Download (105kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (234kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (18kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pendekatan contextual teaching and learning terhadap kemampun pemecahan masalah berdasarkan disposisi matematis siswa di SD Negeri 92 Palembang. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kuantittatif dengan design eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis anova dua jalur (two way anova ). Penelitian ini dilakukan di SDN 92 Palembang dengan sampel penelitian ini adalah kelas V yang berjumlah 42 siswa/I yang terbagi menjadi dua kelas yaitu Kelas eksperimen (Va) dengan 21 siswa dan kelas control (Vb) dengan 21 siswa. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan CTL terhadap kemampuan pemecahan masalah diperoleh dari Ho ditolak dan Ha diterima dengan nilai sig. = 0,000 ≤ 0,05. Juga terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah, dan disposisi matematis siswa diperoleh nilai rata-rata dari kelas eksperimen 90,48 ≥ kelas kontrol 40,67 dengan nilai Sig. = 0,000 < 0,05, dan tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan CTL terhadap kemampuan pemecahann masalah berdasarkan diperoleh nilai Sig. = 0,080 > 0,05.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorNila, KesumawatiNIDN0018086701
ContributorEndie, RiyokoNIDN0214058902
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 19 Jul 2024 05:28
Last Modified: 19 Jul 2024 05:28
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/156

Actions (login required)

View Item View Item