Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOBOARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SDN 89 PALEMBANG

Tiara Agustina Hasan, Putri (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOBOARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SDN 89 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
Cover + Lembar Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak - Indonesia.pdf

Download (116kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (393kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah pengembangan media pembelajaran geoboard pada materi bangun datar adalah valid, praktis dan efektif layak digunakan dalam proses belajar mengajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research & Development). Model pengembangan yang digunakan adalah metode desain Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation (ADDIE). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui angket validasi, angket siswa, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan dari angket validasi media yaitu total point 57 dengan presentase hasil yaitu 95%, hasil dari angket validasi media yaitu total point 37 dengan presentase 92,5%, dan hasil angket respon guru total point 35 dengan presentase 87,5%. Rata-rata hasil dari angket para ahli yaitu 91,67%, dikategorikan “Valid”. Hasil angket respon siswa menunjukan 83,2%, dikategorikan “Praktis”. Hasil tes siswa yang menunjukan 8 orang siswa yang tuntas dari 10 orang siswa. Dengan nilai ketuntasan rata-rata 75-100, nilai tersebut dikategorikan “Efektif”. Maka hasil dari validasi dan tes tersebut menunjukan adanya jika media pembelajaran geoboard tersebut dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VI SDN 89 Palembang. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran geoboard pada materi bangun datar adalah valid, praktis dan efektif layak digunakan dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorM. Taheri, AkbarNIDN0211118802
ContributorMega, PrasrihamniNIDN0226039101
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 01 Nov 2024 03:10
Last Modified: 01 Nov 2024 03:10
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1437

Actions (login required)

View Item View Item