Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PERAN GURU DALAM PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI SD NEGERI 95 PALEMBANG

Lia, Wahyuni (2023) PERAN GURU DALAM PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI SD NEGERI 95 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER + Lembar Pengesahan.pdf

Download (60kB)
[img] Text
a. ABSTRAK - Indonesia.pdf

Download (97kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (183kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB)

Abstract

Guru memiliki peran penting dalam menentukan keberhasilan dari pembelajaran yang telah diberikan kepada peserta didiknya. Kegiatan pembelajaran akan berjalan dengan lancar apabila terdapat media, media tersebut berupa media interaktif. Penggunaan media interaktif dalam pembelajaran dapat menjadikan sebagai evaluasi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam penggunaan media interaktif pada mata pelajaran IPA kelas V. Rumusan masalah utama mencakup bagaimana peran guru dalam penggunaan media interaktif pada mata pelajaran IPA di SD Negeri 95 Palembang. Jenis metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas V. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik Purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikkan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam penggunaan media interaktif pada mata pelajaran IPA Kelas V SD telah digunakan ketika pembelajaran berlangsung. Jawaban dari rumusan masalah ini adalah bahwa peran guru dalam penggunaan media interaktif pada mata pelajaran IPA, guru telah mempersiapkan materi pembelajaran, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya, guru menggunakan media pembelajaran, guru memberikan reward dalam memotivasi siswa dan diakhir pembelajaran guru menyediakan media kahoot sebagai evaluasi pembelajaran. Hal ini tentunya terikat sebagai peran guru sebagai pengajar, mediator, fasilitator, motivator, dan evaluator.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorMagdad, HatimNIDN0016076201
ContributorNyiayu Fahriza, FuadiahNIDN0010097501
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 30 Oct 2024 03:55
Last Modified: 30 Oct 2024 03:55
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1387

Actions (login required)

View Item View Item