Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENANAMAN KARAKTER RASA INGIN TAHU MELALUI METODE PEMBELAJARAN CTL DALAM PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SEKOLAH DASAR

ADE TRIE, MEILAWATI (2023) PENANAMAN KARAKTER RASA INGIN TAHU MELALUI METODE PEMBELAJARAN CTL DALAM PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SEKOLAH DASAR. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
4. COVER+LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (300kB)
[img] Text
1. ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (83kB)
[img] Text
5.BAB I.pdf

Download (238kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui tingkat karakter rasa ingin tahu siswa kelas V sekolah dasar. Masalah dalam penelitian ini bagaimana tingkat penanaman karakter rasa ingin tahu melalui metode pembelajaran CTL dalam pembelajaran IPS di kelas V sekolah dasar. Metode penelitian ini mengunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tringulasi yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Penelitian ini memberikan hasil bahwa cara guru untuk menanamkan karakter rasa ingin tahu melalui mata pelajaran tematik. Guru berperan penting dalam penanaman karakter rasa ingin tahu terhadap siswa dengan cara memberi arahan, dan juga memancing siswa untuk aktif bertanya dalam belajar, dalam proses nya penanaman karakter rasa ingin tahu ini memiliki berbagai macam kendala salah satu nya kurangnya rasa percaya diri yang ada dalam diri siswa, penanaman karakter rasa ingin tahu juga di dukung oleh beberapa faktor diantaranya faktor lingkungan dan orang tua.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorMuhammad, IdrisNIDN0212126801
ContributorDavid Budi, IrawanNIDN0216048904
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 29 Oct 2024 07:26
Last Modified: 29 Oct 2024 07:26
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1339

Actions (login required)

View Item View Item