Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD

NOVIE, ADEULLIAH (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER + Lembar Pengesahan.pdf

Download (152kB)
[img] Text
a. ABSTRAK - Indonesia.pdf

Download (122kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (553kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (504kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 17 Palembang tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian True Experimental Design berupa Posttest-Only Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 17 Palembang tahun ajaran 2023/2024 sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V.A dan V.B, dimana siswa kelas V.A sebagai kelas kontrol berjumlah 24 siswa dan kelas V.B sebagai kelas eksperimen berjumlah 24 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes berupa soal essay sebanyak 10 butir soal dengan materi Organ Gerak Hewan. Berdasarkan data hasil penelitian posttest pada kedua kelas, didapatkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol yaitu 80.946 > 63.437, selain itu melalui uji hipotesis menggunakan uji Mann Whitney U Test didapatkan nilai asymp. sig. (2-tailed) pada hasil posttest kedua kelas adalah 0.003 dengan α = 0.05 sehingga 0.003 < 0.05, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 17 Palembang tahun ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorLiza, MurniviyantiNIDN0203077301
ContributorEni, HeldayaniNIDN0213068901
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 22 Oct 2024 03:05
Last Modified: 22 Oct 2024 03:05
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1281

Actions (login required)

View Item View Item