Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 1 RANTAU BAYUR KABUPATEN BANYUASIN

Kirana, Salsabilla (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 1 RANTAU BAYUR KABUPATEN BANYUASIN. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. Cover- Lembaran Pengesahan.pdf

Download (74kB)
[img] Text
a. Abstrak Bahasa Indonesia.pdf

Download (114kB)
[img] Text
f. BAB 1 KIRANA.pdf

Download (287kB)
[img] Text
K. DAFTAR PUSTAKA KIRANA.pdf

Download (162kB)

Abstract

Masalah dari penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang terjadi yaitu rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA yang disebabkan oleh kurangnya guru melibatkan siswa dalam proses pembelajaran sehingga kurang siswa kurang aktif pada saat pembelajaran berlangsung dan guru hanya menggunakan metode ceramah biasa dalam memberikan materi pembelajaran dan kurangnya metode pembelajaran yang inovatif sehingga siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran dan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh metode pembelajaran Driil terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SDN 1 Rantau Bayur Kabupaten Banyuasin. Metode penelitian yang digunakan ialah metode Quasi Experimen design dengan desain penelitian. Penelitian eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan The Posttest-Only Control Group Design. Teknik pengambilan data dimulai dengan wawancara, tes, dan, dokumentasi. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji independen sampel t-test (Uji-t). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran drill ini berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi gaya dan gerak di kelas IV dengan nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen yaitu (85,5) yang lebih unggul dibandingkan hasil posttest kelas kontrol (56) dan hasil perhitungan uji-t yang Kebenarannya diperoleh nilai sig (2-tailed)= 0,000 < 0,05 dan nilai thit = 9,042 > ttabel =1,686 dengan demikian 0,000 < 0,05 dan thit = 9,042 > ttabel =1,686 maka Ho di tolak dan Ha diterima. atau terdapat pengaruh yang signifikan terhadap metode pembelajaran drill pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA SDN 1 Rantau Bayur Kabupaten Banyuasin

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorKabib, SholehNIDN0221038902
ContributorSylvia Lara, SyaflinNIDN0201108003
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 21 Oct 2024 02:50
Last Modified: 21 Oct 2024 02:50
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1262

Actions (login required)

View Item View Item