Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA MATERI GAYA DAN GERAK PADA KELAS IV SD NEGERI 226 PALEMBANG

Siti, Rohma (2023) PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA MATERI GAYA DAN GERAK PADA KELAS IV SD NEGERI 226 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
4. COVER+LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (256kB)
[img] Text
1. ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (100kB)
[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (161kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB)

Abstract

Pada penelitian ini peneliti menemukan masalah yang terdapat pada sekolah tersebut yaitu masih banyaknya guru yang belum menggunakan media pembelajaran, hanya menggunakan buku tematik sebagai bahan ajar sehingga membuat siswa menjadi kurang aktif dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Dengan adanya permasalahan tersebut peneliti tertarik untuk membuat media pembelajaran berupa media diorama. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk diorama pada materi gaya dan gerak yang bersifat valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Pada penelitian ini peneliti hanya melakukan pengembangan dari tahap Analisis (Analysis) sampai Implementasi (Implementation). Produk dalam penelitian ini diujicobakan kepada peserta didik kelas IV di SD Negeri 226 Palembang semester genap tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi, Wawancara, Dokumentasi dan angket, berupa angket validasi, angket pendidik, dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan kualitas media diorama valid dengan persentase skor dari ahli media sebesar 92,5%, dan persentase skor dari ahli materi sebesar 87,5%. Tingkat kepraktisan setelah diujicobakan kepada pendidik menunjukkan kriteria sangat praktis dengan jumlah skor hasil persentase sebesar 86,6%, hasil angket respon peserta didik memenuhi kriteria sangat praktis dengan persentase skor sebesar 98,8% sehingga dapat dinyatakan produk sangat praktis digunakan saat proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorIlham Arvan, JunaidiNIDN0203088902
ContributorImelda Ratih, AyuNIDN0226097702
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 07 Oct 2024 02:30
Last Modified: 07 Oct 2024 02:30
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1175

Actions (login required)

View Item View Item