SELVI ANGRAINI, PUTRI (2023) LEARNING OBSTACLE PADA MATERI HUBUNGAN ANTAR GARIS PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN 6 RAMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
D. COVER + LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (147kB) |
|
Text
A. ABSTRAK - Indonesia.pdf Download (108kB) |
|
Text
F. BAB I.pdf Download (135kB) |
|
Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (14kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya Learning Obstacle pada materi hubungan antar garis yang dialami siswa kelas IV di SD Negeri 6 Rambang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriprif dan diidentifikasi dengan melalui tahap prosfektif yang ada pada Didactial Design Research. Instrumen berupa tes diagnostik learning obstacle, analisis materi, analisis bahan ajar, analisis RPP dan analisis wawancara dengan guru kelas dan siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 6 Rambang yang berjumlah 18 orang. Hasil penelitian ini ditemukan hambatan belajar yang dikategorikan menjadi 3 jenis yaitu ontogenic obstacle, didactical obstacle, dan epistemological obstacle. Jenis learning obstacle yang dialami oleh siswa yaitu ontogenic obstacle terkait kurangnya penguasaan konsep dasar materi, didactical obstacle terkait perangkat pembelajaran yang digunakan oleh guru, dan epistemological obstacle yakni keterbatasan konteks pemahaman yang dimiliki siswa.
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Ferdi Ferdi | |||||||||
Date Deposited: | 07 Oct 2024 02:27 | |||||||||
Last Modified: | 07 Oct 2024 02:27 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1169 |
Actions (login required)
View Item |