Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

MANFAAT PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTAL LEARNING TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA KELAS 3 SD NEGERI 7 TANJUNG LAGO

Lidia, Anggraeni (2023) MANFAAT PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTAL LEARNING TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA KELAS 3 SD NEGERI 7 TANJUNG LAGO. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER + Lembar Pengesahan.pdf

Download (193kB)
[img] Text
a. ABSTRAK - Indonesia.pdf

Download (109kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (344kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (211kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manfaat model pembelajaran experiental learning pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan experiential learning pada mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 7 Tanjung Lago, dilakukan melalui tiga kegiatan yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Pada kegiatan inti tersebut terdapat beberapa langkah penerapan experiential learning yaitu Experience (pengalaman), publishing atau sharing (pengolahan data), processing (pengolahan data) dan generalize (penyamarataan). Dan keadaan penerapan experiential learning pada mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 7 Tanjung Lago dinilai berdasarkan hasil observasi dimana semua guru melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai prosedur yang diterapkan sedangkan 20 siswa pada kelas III memperoleh presentase 61% pada kemampuan berbicara. Untuk hasil wawancara dari guru menjelaskan bahwa masih pada keterampilan berbicara saat pembelajaran Bahasa Indonesia siswa sudah memahami ejaan dan menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik serta santun bertutur saat berbicara.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorDessy, WardiahNIDN0225127701
ContributorALdora, PratamaNIDN0223099301
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 01 Oct 2024 04:44
Last Modified: 01 Oct 2024 04:44
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1111

Actions (login required)

View Item View Item