Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

ANALISIS SELF EFFICACY, BEBAN MENTAL, DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 1 BERKAT

Giran, Suares (2023) ANALISIS SELF EFFICACY, BEBAN MENTAL, DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 1 BERKAT. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER + Lembar Pengesahan.pdf

Download (180kB)
[img] Text
a. ABSTRAK - Indonesia.pdf

Download (97kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (96kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB)

Abstract

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana self efficacy, beban mental, dan motivasi belajar siswa di SD Negeri 1 Berkat? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui self efficacy, beban mental, dan motivasi belajar siswa di SD Negeri 1 Berkat. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek utama penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Negeri 1 Berkat, sedangkan subjek pendamping atau pendukung dalam penelitian ini adalah guru kelas V di SD Negeri 1 Berkat. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa self efficacy siswa kelas V di SD Negeri 1 Berkat secara keseluruhan tergolong cukup memiliki keyakinan diri. Siswa SD Negeri 1 Berkat dapat menuntaskan tugas tepat waktu, walaupun secara keseluruhan siswa diataranya masih ada yang belum mampu (sebagian kecil). Siswa SD Negeri 1 Berkat memiliki keyakinan mampu menyelesaikan tugas di sekolah. Selain itu, dari hasil wawacara mengenai tanggapan siswa tentang keyakinan diri yang terdapat pada diri sendiri, siswa SD Negeri 1 Berkat menyatakan kurang percaya diri, tetapi ada juga yang menyatakan aspek keyakinan apa yang dimasud serta ragu-ragu akan keyakinan tersebut. Dari hasil wawancara ditemukan bahwa SD Negeri 1 Berkat yakin dapat menyelesaikan tugas sesuai dengan target yang diinginkan, serta berusaha semaksimal mungkin untuk untuk dapat menyelesaikan tugas yang telah diberikan berdasarkan keyakinan yang ada pada diri siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi mental siswa kelas V saat mengikuti proses belajar mengajar di sekolah termasuk kategori baik. Guru dan sekolah juga memenuhi kebutuhan mental siswa kelas V di SD Negeri 1 Berkat dengan cara memberikan motivasi dan memberikan penjelasan yang lebih baik lagi. Kondisi fisik siswa saat mengikuti proses belajar mengajar di sekolah juga termasuk kategori baik dan siswa tidak merasa terbebani pada saat belajar di sekolah. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa beban mental siswa kelas V di SD Negeri 1 Berkat adalah termasuk kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil motivasi belajar siswa kelas V di SD Negeri 1 Berkat adalah termasuk kategori baik. Hal ini terlihat dari keinginan belajar siswa kelas V di SD Negeri 1 Berkat sangat bersemangat dalam menunggu pelajaran. Selain itu, siswa kelas V di SD Negeri 1 Berkat memiliki hasrat untuk menambah wawasan dalam belajar dan mereka berlomba-lomba untuk meningkatkan prestasi.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorHetilaniar, HetilaniarNIDN0213128103
ContributorAldora, PratamaNIDN0223099301
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 01 Oct 2024 04:39
Last Modified: 01 Oct 2024 04:39
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1101

Actions (login required)

View Item View Item