Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 24 PALEMBANG

DINI, LEARISTA (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 24 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER + Lembar Pengesahan dini.pdf

Download (140kB)
[img] Text
a. ABSRAK- Indonesia dini.pdf

Download (116kB)
[img] Text
f. BAB I Dini.pdf

Download (374kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA dini.pdf

Download (376kB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh permasalahan yang terjadi yaitu rendahnya hasil belajar siswa masih banyak nilai siswa di bawah kriteria ketuntasan maksimum yang telah ditetapkan. Dikarenakan siswa cenderung pasif dalam pembelajaran serta kurangnya kemampuan guru dalam menempatkan model-model pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran yang diajarkan. Hal tersebut dikarenakan penggunaan model pembelajaran belum diterapkan dengan baik dimana guru hanya menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu ceramah sehingga membuat rendahnya hasil belajar siswa khusunya dalam pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektif atau tidak model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 24 Palembang. Metode yang digunakan peneliti adalah metode quasi experimental dengan desain penelitian Non Equivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji-t, uji N-gain. Berdasarkan penelitian ini analisis data dan pembahasan dibuktikan dengan perhitungan uji N-gain menunjukkan bahwa hasil perhitungan didapatkan nilai sebesar 0,7699 atau >76 yang artinya model pembelajaran Two Stay Two Stray efektif digunakan dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Dan hasil perhitungan uji-t dengan taraf signitifikan 0,05 diperoleh hasil derajat 0,000 lebih kecil dari nila signifikan (sig) 0,05 yang artinya 0,000< 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat efektivitas model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 24 Palembang.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorKabib, SholehNIDN02211038902
ContributorSylvia Lara, SyaflinNIDN0201108003
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 30 Sep 2024 02:40
Last Modified: 30 Sep 2024 02:40
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1086

Actions (login required)

View Item View Item