Firdiansyah, Firdiansyah (2024) PERAN GURU DALAM PENERAPAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA TERHADAP BUDAYA POSITIF DI SEKOLAH DASAR NEGERI 241 PALEMBANG. tesis thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
D. COVER + LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (329kB) |
|
Text
A. ABSTRAK INDONESIA.docx Download (14kB) |
|
Text
F. BAB I.pdf Download (285kB) |
|
Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (392kB) |
Abstract
Penelitian ini meneliti tentang peran guru dalam melaksanakan projek penguatan profil Pancasila siswa menuju pembinaan budaya positif di SD Negeri 241 Palembang. Penelitian bertujuan untuk menggali bagaimana kontribusi guru dalam membentuk pemahaman dan perwujudan nilai-nilai Pancasila siswa, sehingga mendorong terciptanya lingkungan budaya positif di sekolah. Melalui metode kualitatif, termasuk wawancara dan observasi, penelitian ini mengkaji strategi guru, tantangan yang dihadapi, dan dampaknya terhadap sikap dan perilaku siswa. Temuan menunjukkan bahwa guru memainkan peran penting dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila, mempengaruhi persepsi budaya siswa, dan menumbuhkan suasana belajar yang kondusif selaras dengan etos dan nilai moral kebangsaan. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya keterlibatan guru dalam pendidikan karakter dan implikasinya dalam menciptakan lingkungan sekolah yang harmonis yang berakar pada nilai-nilai budaya Indonesia. Kata Kunci: Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasil, Peran Guru, Budaya Positif
Item Type: | Thesis (tesis) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Program Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan | |||||||||
Depositing User: | Selvi Puspitasari | |||||||||
Date Deposited: | 06 Sep 2024 02:16 | |||||||||
Last Modified: | 06 Sep 2024 02:16 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1011 |
Actions (login required)
View Item |