Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGEMBANGAN ELEKTRONIK LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (E-LKPD) DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS V

Arindo, Setiawan (2023) PENGEMBANGAN ELEKTRONIK LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (E-LKPD) DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS V. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER + Lembar Pengesahan.pdf

Download (97kB)
[img] Text
a. ABSTRAK - Indonesia.pdf

Download (88kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (95kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (74kB)

Abstract

Perlunya pengembangkan perangkat pembelajaran bertujuan agar siswa lebih aktif dan guru sebagai fasilitator. Salah satu perangkat pembelajaran tersebut adalah LKPD yang memiliki peran yang sangat penting. Berdasarkan observasi awal yang peneliti lakukan pada bulan Januari 2021 di SD Negeri 1 Sungai Are, diperoleh bahwa Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) khususnya pada mata pelajaran IPS terlebih dahulu harus dijelaskan agar mudah memahami materi. Metode pembelajaran yang dilakukan bervariatif seperti ceramah, tanya jawab, diskusi, dan kooperatif. Model pembelajaran tersebut memiliki tujuan tersendiri. Selain itu, guru belum pernah menerapkan E-LKPD dengan pendekatan kontekstual di SD Negeri 1 Sungai Are. Metode penelitian ini menggunakan metode research and development dengan batas penelitian penilaian ahli dan praktikalitas. Penilaian ahli dilakukan pada ahli media, bahasa, dan materi, sedangkan praktikalitas dengan guru dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket, sedangkan teknik analisis data menggunakan persentase. Hasil penelitian menyatakan bahwa uji kevalidan E-LKPD dengan pendekatan CTL pada pembelajaran kelas V SD Negeri 1 Sungai Are dinyatakan valid dan mendapatkan skor sebesar 81,90%. Uji kepraktisan E-LKPD dengan pendekatan CTL pada pembelajaran kelas V SD Negeri 1 Sungai Are dinyatakan sangat praktis dan mendapatkan skor sebesar 89,77%. Uji keefektifan E-LKPD dengan pendekatan CTL pada pembelajaran kelas V SD Negeri 1 Sungai Are dinyatakan sangat efektif dan mendapatkan skor sebesar 85,84%.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorDessy, WardiahNIDN0225127701
ContributorEni, HeldayaniNIDN0213068901
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 05 Sep 2024 03:22
Last Modified: 05 Sep 2024 03:22
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1000

Actions (login required)

View Item View Item