Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH METODE BERCERITA BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SD

DHEA, MARETA (2024) PENGARUH METODE BERCERITA BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SD. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
CamScanner 09-07-2024 15.08.pdf

Download (342kB)
[img] Text
ABSTRAK BENAR B IND DHEA MARETA.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB 1 DHEA MARETA.pdf

Download (287kB)
[img] Text
DAPUS DHEA MARETA.pdf

Download (155kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bercerita berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SD. Dengan menggunakan desain eksperimen semu, penelitian ini melibatkan dua kelompok: kelompok eksperimen yang menggunakan penyampaian cerita audiovisual dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pengajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian analisis data dan pembahasan dibuktikan dengan perhitungan uji N-gain menunjukkan data sebesar 64,2638 atau > 64 yang artinya metode bercerita berbantu media audio visual berpengaruh yang signifikan dibandingkan dengan metode konvensional. Hasil perhitungan uji-t dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh hasil derajat penting 0,001 < 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan metode bercerita berbantu media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SD.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorMasnunah, MasnunahNIDN0219027101
ContributorEndang, SurtiyoniNIDN0202059103
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 10 Aug 2024 02:51
Last Modified: 10 Aug 2024 02:51
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/753

Actions (login required)

View Item View Item