Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPA

Shelva Gusty, Anggraini (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPA. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
C. COVER + PENGESAHAN.pdf

Download (450kB)
[img] Text
A. ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (83kB)
[img] Text
F. BAB I.pdf

Download (138kB)
[img] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan mind mapping terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pelajaran IPA. Peneliti menggunakan metode penelitian Quasi Experimental Design dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Sampel penelitian yaitu kelas V SD Methodist 03 Palembang berjumlah 28 siswa . Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis paired sample t test. Hasil analisis data menunjukkan pengujian hipotesis dengan uji paired sample t test diperoleh nilai thitung sebesar 6,392 > 1,701 nilai ttabel dengan signifikan 0,000 artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran problem based learning berbantuan mind mapping untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pelajaran IPA.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorLiza, MuniviyantiNIDN0203077301
ContributorDavid Budi, IrawanNIDN0216048904
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 02 Oct 2024 03:45
Last Modified: 02 Oct 2024 03:45
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/598

Actions (login required)

View Item View Item