MAISARAH, MUFTI (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
d. COVER + Lembar Pengesahan.pdf Download (233kB) |
|
Text
a. ABSTRAK - Indonesia.pdf Download (112kB) |
|
Text
f. BAB I.pdf Download (128kB) |
|
Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (109kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran problem based learning terhadap terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SDIT Annajiyah Lubuklinggau. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian Pre Experimental Design dengan bentuk One Group Pretest-Posttest yang. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari satu kelas yaitu kelas IV yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu instrument tes berupa soal pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan uji t (paired sampel t-test) . Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata pretest IPAS sebesar 50,50 sedangkan rata-rata hasil posttest IPAS sebesar 84,00 sehingga mengalami peningkatan sebesar 33,3 . Hasil analisis uji-t menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Maka dapat dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning efektif terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD.
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Ferdi Ferdi | |||||||||
Date Deposited: | 08 Oct 2024 04:23 | |||||||||
Last Modified: | 08 Oct 2024 04:23 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/564 |
Actions (login required)
View Item |