Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL PJBL TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN LITERASI SAINS SISWA KELAS V SD NEGERI 78 PALEMBANG

AYU, MARSILINA (2024) PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL PJBL TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN LITERASI SAINS SISWA KELAS V SD NEGERI 78 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
4. COVER & PENGESAHAN.pdf

Download (295kB)
[img] Text
1. ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (91kB)
[img] Text
6. BAB I.pdf

Download (501kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (424kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis melalui model PjBL terhadap peningkatan pemahaman literasi sains peserta didik kelas V SD Negeri 78 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan bentuk desain eksperimen (quasi experimental design) jenis nonequivalent control group design. Sampel penelitin ini adalah peserta didik kelas V.A yang berjumlah 20 orang sebagai sebagai kelas eksperimen serta kelas V.E yang berjumlah 20 orang sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, tes, dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis regresi linier sederhana berbantuan SPSS Versi 23 didapatkan hasil nilai sig. 0,000 < 0,05 Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel berpikir kritis melalui model PjBL (X) berpengaruh terhadap variabel peningkatan pemahaman literasi sains siswa kelas V SD Negeri 78 Palembang (Y).

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorYasir, ArafatNIDN0214067501
ContributorSusanti Faipri, SelegiNIDN0209048401
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 24 Jul 2024 03:52
Last Modified: 24 Jul 2024 03:52
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/498

Actions (login required)

View Item View Item