Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, and Create) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MEMBACA SISWA DI KELAS III SD NEGERI 5 PALEMBANG

RIZKIA NUR, RAHMA (2024) PENGARUH MODEL RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, and Create) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MEMBACA SISWA DI KELAS III SD NEGERI 5 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER + LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (85kB)
[img] Text
ABSTRAK-Indonesia.pdf

Download (123kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (221kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya pemahaman siswa dalam memahami arti dari teks bacaan sehingga saat proses pembelajaran siswa belum mampu menjawab pertanyaan dengan benar, hal inilah yang menjadi penyebab kurangnya kemampuan pemahaman membaca pada siswa di kelas III. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model RADEC terhadap kemampuan pemahaman membaca siswa di kelas III SD Negeri 5 Palembang. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III yang terdiri dari dua kelas dengan teknik sampling jenuh yaitu, siswa kelas III A dan III B di SD Negeri 5 Palembang. Penelitian ini menggunkan metode penelitian Quasi Eksperimental. Metode pengumpulan data aktivitas siswa melalui observasi dan dokumentasi, sedangkan data kemampuan pemahaman membaca siswa dikumpulkan menggunakan tes berbentuk essay. Dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Metode analisis data penelitian menggunakan analisis kuantitatif dengan menggunakan uji Independent Sampel T-test. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata posttest kelas eksperimen 82.69 dan kelas kontrol 68.38. Hasil perhitungan diperoleh t_hitung = 7,321 dan t_tabel = 1,680 dengan taraf signifikan = 0,05. Berarti t_hitung>t_tabel, maka dapat disimpulkan H_0 ditolak dan H_aditerima. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model RADEC terhadap kemampuan pemahaman membaca siswa di kelas III SD Negeri 5 Palembang.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorHetilaniar, HetilaniarNIDN0213128103
ContributorMarleni, MarleniNIDN0217038001
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 22 Jul 2024 02:30
Last Modified: 22 Jul 2024 02:30
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/354

Actions (login required)

View Item View Item