Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

Pengaruh Bimbingan Klasikal Untuk Meningkatkan Well-Being Pada Siswa Kelas 8 SMP Negeri 3 Palembang

Meliza, Anggia (2025) Pengaruh Bimbingan Klasikal Untuk Meningkatkan Well-Being Pada Siswa Kelas 8 SMP Negeri 3 Palembang. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
A. ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (9kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (227kB)
[img] Text
F. BAB 1.pdf

Download (335kB)
[img] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (419kB)

Abstract

Well-Being merupakan salah satu aspek penting yang memengaruhi kenyamanan, motivasi belajar, dan kesejahteraan psikologis siswa selama berada di lingkungan sekolah. Rendahnya tingkat Well-Being dapat berdampak pada menurunnya partisipasi belajar, meningkatnya stres, serta munculnya perilaku negatif di kalangan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan layanan bimbingan klasikal dalam meningkatkan Well-Being siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Palembang. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari 29 siswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket Well-Being yang diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan bimbingan klasikal. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan Well-Being yang signifikan setelah diberikan perlakuan, yang dibuktikan melalui hasil uji Wilcoxon dengan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05). Temuan ini menunjukkan bahwa layanan bimbingan klasikal efektif digunakan sebagai alternatif layanan untuk meningkatkan Well-Being siswa di sekolah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorArizona, ArizonaNIDN0202128302
UNSPECIFIEDSurtiyoni, EndangNIDN0202059103
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Repo User 01
Date Deposited: 27 Aug 2025 01:48
Last Modified: 27 Aug 2025 01:48
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3529

Actions (login required)

View Item View Item