Mulyati, Mulyati (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Pemahaman Konsep IPAS SD. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
![]() |
Text
COVER PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING.pdf Download (224kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (320kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (315kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning terhadap pemahaman konsep IPAS SD Negeri 72 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif desain penelitian non-equivalent controlgroup design. Populasi pada penelitian ini seluruh SD Negeri 72 Palembang, teknik sampling penelitian ini adalah teknik purposive sampling, sampel yang digunakan pada penelitian ini ada dua yaitu kelas IV A sebagai kelas kontrol dan kelas IV B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan secara observasi, dokumentasi dan tes, untuk teknik analisis data penelitian uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Hal tersebut berarti terdapat pengaruh terhadap pemahaman konsep IPAS. Kemudian efektivitas penerapan model pembelajaran project based learning terhadap pamahaman konsep siswa berada pada kategori sedang. Kata kunci: Project Based Learning, Pemahaman Konsep, IPAS
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Repo User 20 | |||||||||
Date Deposited: | 21 Aug 2025 01:51 | |||||||||
Last Modified: | 21 Aug 2025 01:51 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3410 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |