Trianita, Nia (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN PADA SISWA KELAS 3 SDN 88 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (55kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (72kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (230kB) |
![]() |
Text
DAPUS.pdf Download (105kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Wordwall terhadap pemahaman konsep pecahan siswa kelas III SDN 88 Palembang. Penelitian menggunakan metode true experimental design dengan desain pretest-posttest control group. Sampel dipilih secara acak, yaitu kelas III C sebagai kelas eksperimen dan III A sebagai kelas kontrol, masing-masing 32 siswa. Instrumen penelitian berupa tes pemahaman konsep pecahan yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil analisis data menggunakan uji-t menunjukkan perbedaan signifikan antara nilai posttest siswa kelas eksperimen dan kontrol. Rata-rata nilai kelas eksperimen adalah 81,59, sedangkan kelas kontrol 71,44. Nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa model PBL berbantuan Wordwall berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pemahaman konsep pecahan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL berbantuan Wordwall efektif digunakan dalam pembelajaran pecahan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas III SDN 88 Palembang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Repo User 01 | |||||||||
Date Deposited: | 16 Jul 2025 03:39 | |||||||||
Last Modified: | 16 Jul 2025 03:39 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3268 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |