Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH PENERAPAN METODE HYPNOTEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SDN 133 PALEMBANG

Dian, Merissa (2025) PENGARUH PENERAPAN METODE HYPNOTEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SDN 133 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (118kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (225kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (213kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SDN 133 Palembang, yang menunjukkan perlunya penerapan metode pembelajaran yang inovatif dan efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode hypnoteaching terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain pretest-posttest kelompok tunggal (one group pretest-posttest design). Sampel penelitian terdiri dari 30 siswa kelas IV yang diberi perlakuan berupa pembelajaran menggunakan metode hypnoteaching. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes pretest dan posttest. Data dianalisis menggunakan uji Paired Samples t-test karena data berdistribusi normal. Hasil analisis menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara skor pretest dan posttest, dengan nilai t = -35.184, df = 29, dan signifikansi p = 0.000 (p < 0.05). Seluruh siswa mengalami peningkatan nilai setelah mengikuti pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode hypnoteaching berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Metode ini layak dijadikan alternatif pembelajaran yang efektif dan menyenangkan di tingkat sekolah dasar. Kata Kunci: Hypnoteaching, Hasil Belajar, IPS, Sekolah Dasar, Metode Pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorMurjainah, MurjainahUNSPECIFIED
ContributorHermansyah, HermansyahUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 38
Date Deposited: 10 Jul 2025 03:41
Last Modified: 10 Jul 2025 03:41
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2834

Actions (login required)

View Item View Item