Suryani, Lilis (2025) IMPLEMENTASI EXPERIENTIAL LEARNING DALAM PENGENALAN KONSEP BILANGAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK METHODIST 05 PALEMBANG. skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.
![]() |
Text
a. ABSTRAK - Indonesia.docx Download (15kB) |
![]() |
Text
f. BAB I.pdf Download (397kB) |
![]() |
Text
d. COVER + Lembar Pengesahan.pdf Download (264kB) |
![]() |
Text
k. DAFTAR PUSTAKA pdf.pdf Download (191kB) |
Abstract
Kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan yang rendah sehingga peneliti mencari Solusi dengan menggunakan experiential learning di TK methodits 05 Palembang. Subjek penelitian anak kelompok A berjumlah 11 anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK dengan dua siklus. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa adanya peningkatan rata-rata tingkat capaian perkembangan pengenalan konsep bilangan anak kelompok A dari pra siklus ke siklus I dan ke siklus II yaitu bahwa pada pra siklus skor sebesar 16,82 pada kategori belum berkembang, lalu pada siklus I dengan skor sebesar 27,91 dengan kategori mulai berkembang mengalami peningkatan sebesar 11,09 sedangkan pada siklus II dengan skor sebesar 39 dengan kategori berkembang sesuai harapan hal ini menunjukkan bahwa siklus II mengalami peningkatan sebesar 11,09. Berdasarkan hasil analisis data pada siklus I dan siklus II maka terlihat bahwa pengenalan konsep bilangan anak telah mengalami peningkatan, karena pada dasarnya anak-anak usia dini merupakan masa dimana anak harus memiliki pengenalan konsep bilangan. Melalui metode ini anak dapat meningkatkan kecerdasan terutama di bidang Kognitif yaitu melalui pengamatan langsung dan dengan metode ini juga anak lebih tertarik, senang dan mudah menangkap dalam belajar sambil bermain. Kata kunci: Experiential Learning, Konsep Bilangan, Anak Usia Dini
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD | |||||||||
Depositing User: | Feri Hidayat | |||||||||
Date Deposited: | 08 May 2025 08:39 | |||||||||
Last Modified: | 08 May 2025 08:39 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2149 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |