Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA COUNTING BOX TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

MISTIA, YULIANTI (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA COUNTING BOX TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER + Pengsahan Skripsi.pdf

Download (178kB)
[img] Text
ABSTRAK (INDONESIA).pdf

Download (110kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (701kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (503kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) berbantuan media counting box terhadap kemampuan berhitung siswa pada mata pelajaran matemataka materi penjumlahan dan pengurangan bilangan 1-20. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen, metode yang digunakan yaitu True-experimental design dengan jenis Posttest-only control design. Sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas I SD Negeri 233 Palembang sebanyak 52 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi, tes telah divalidasi dan dinyatakan valid serta dilakukan uji reliabilitas dan dinyatakan reliabel dengan indeks kesukaran kategori sedang dan daya pembeda dengan kategori baik. Penelitian ini sebelum melakukan uji hipotesis dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas dan telah dinyatakan berdistribusi normal dan homogen. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis dengan analisis uji t. Hasil penelitian diperoleh nilai signifikan thitung = 3,860 ≥ ttabel = 1,676, dengan df = n - 2 dimana n = 52 jadi df = 50 dengan taraf α= 0,05, dapat disimpulkan maka Ho ditolak dan Ha diterima atau adanya pengaruh signifikan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media counting box terhadap kemampuan berhitung siswa pada mata pelajaran matematika.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorDarwin, EffendiNIDN0225127301
ContributorNoviati, NoviatiNIDN0201116901
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 19 Jul 2024 07:58
Last Modified: 19 Jul 2024 07:58
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/193

Actions (login required)

View Item View Item