Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI SUNGAI DUA

Rani, Lestari (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI SUNGAI DUA. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER DAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (440kB)
[img] Text
ABSTRAK-INDONESIA.pdf

Download (99kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB)

Abstract

Hasil belajar merupakan suatu tingkat keberhasilan yang dicapai oleh siswa setelah mengikuti pembelajaran berlangsung yang mengakibatkan adanya perubahan yang dialami dalam diri siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Sungai Dua. Adapun permasalah yang dialami oleh siswa kelas IV SD Negeri Sungai Dua yaitu masih rendahnya hasil belajar siswa, khususnya mata pelajaran IPA. Berdasarkan hal tersebut, peneliti mencoba mengembangkan keterampilan kognitif siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa SD Negeri Sungai Dua. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Nonquivalent Control Group Design. Dalam penelitian ini terdapat 244 populasi dan 18 sampel. Instrumen yang digunakan adalah tes berupa soal essai. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas data, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) rata-rata yang didapatkan pada pretest kelas eksperimen sebesar 56,16 dan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 82,27. Sedangkan nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 50,05 dan rata-rata nilai posttest kelas kontrol sebesar 69,22. 2) Berdasarkan hasil uji-t yang diperoleh t_hitung = 2,214 dan t_tabel 1,740, berarti t_hitung > t_tabel = 2,214 > 1,740 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar mata pelajaran IPA menggunakan model pembelajaran inkuiri lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional yang berarti penggunaan model pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan rata-rata 82,27 dengan kriteria baik.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorEni, HeldayaniNIDN0213078901
ContributorSusanti Faipri, SelegiNIDN0209048401
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 12 Nov 2024 03:59
Last Modified: 12 Nov 2024 03:59
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1602

Actions (login required)

View Item View Item