Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SEKOLAH DASAR

SASTI, PRINYSA (2023) PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SEKOLAH DASAR. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. Cover & Lembar Pengesahan.docx.pdf

Download (91kB)
[img] Text
a. Abstrak bahasa indonesia.pdf

Download (123kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (31kB)
[img] Text
k. daftar pustaka.pdf

Download (38kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis penelitian quasi eksperiment. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SD Negeri 13 Prabumulih yang berjumlah 278 orang. Sampel yang diambil adalah kelas V A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 25 orang dengan menggunakan pendekatan PMRI dan kelas V B sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 21 orang dengan menggunakan pendekatan konvensional. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis dan angket untuk mengukur self-efficacy siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah Multivariate of Analysis Variance (MANOVA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh signifikan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy siswa Sekolah Dasar. 2) Terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan komunikasi matematis dengan self-efficacy siswa Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorNila, KesumawatiNIDN0018086701
ContributorAdrianus, DedyNIDN0227077601
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 30 Oct 2024 04:08
Last Modified: 30 Oct 2024 04:08
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1407

Actions (login required)

View Item View Item