ANCA, AGUSTIAN (2023) PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI WUJUD BENDA SISWA KELAS V SD NEGERI 14 TANJUNG BATU. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
COVER + Lembar Pengesahan.pdf Download (162kB) |
|
Text
Abstrak Bahasa Indonesia.pdf Download (95kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (109kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (142kB) |
Abstract
Metode demonstrasi adalah metode mengajar yang menggunakan peragaan untuk memperjelas suatu pengertian atau untuk memperlihatkan bagaimana melakukan sesuatu kepada siswa. Dengan menggunakan metode ini, guru atau siswa memperlihatkan kepada seluruh anggota kelas mengenai suatu proses. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh, hambatan serta dampak metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa materi wujud benda siswa kelas V SD Negeri 14 Tanjung Batu. Metode penelitian yang digunakan dalam adalah metode penelitian eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA yang berjumlah 26 responden sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VA dengan jumlah 25 responden sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui uji instrumen tes dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah dalam metode demonstrasi ini adalah guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai dan menyajikan gambaran sekilas materi yang akan disampaikan. Kemudian guru menunjuk salah satu seorang siswa untuk mendemonstrasikan sesuai scenario yang telah dicapai. Seluruh siswa mengemukakan hasil analisis dari demonstrasi pengalaman. Peneliti menemukan beberapa kendala antara lain sebagian siswa ada yang kebingungan dalam pelaksanaan demonstrasi, hanya didominasi oleh siswa tertentu, waktu pelaksanaan tidak sesuai rencana, guru kurang memperhatikan setiap siswa, dan terdapat siswa ragu-ragu serta tidak aktif. Berdasarkan pengujiam data bahwa hipotesis (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima dengan signifikan diperoleh 0,054 maka terdapat pengaruh motode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa materi wujud benda siswa kelas V SD Negeri 14 Tanjung Batu.
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Ferdi Ferdi | |||||||||
Date Deposited: | 05 Sep 2024 03:10 | |||||||||
Last Modified: | 05 Sep 2024 03:10 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/994 |
Actions (login required)
View Item |