Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS VII SMP N 3 ABAB

Aish, Ardianti (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS VII SMP N 3 ABAB. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. Cover + Lembar Pengesahan Aish.pdf

Download (53kB)
[img] Text
a. Abstrak Indonesia Aish.pdf

Download (116kB)
[img] Text
f. Bab 1 Aish.pdf

Download (117kB)
[img] Text
k. Daftar Pustaka Aish.pdf

Download (79kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Bangun Ruang Kelas VII SMP Negeri 3 Abab. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode True Eksperimen dengan bentuk Posttest Only Control Desain. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa SMP Negeri 3 Abab Semester Genap. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik random sampling yakni siswa kelas VII.2 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 27 peserta didik dan kelas VII.3 kelas eksperimen terdiri dari 27 peserta didik. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian berupa tes yang berbentuk essay, yang digunakan untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, pada kelas eksperimen didapatkan nilai rata-rata 72,96 dan kelas kontrol 65,33 dari hasil uji hipotesis terdapat nilai signifikan 0,014 dengan kriteria nilai sig < 0,05 hal tersebut menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP Negeri 3 Abab.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorMarhamah, MarhamahNIDN0219048201
ContributorAnggria Septiani, MulbasariNIDN0231088901
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 10 Aug 2024 02:01
Last Modified: 10 Aug 2024 02:01
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/721

Actions (login required)

View Item View Item