Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH METODE BERNYANYI PADA PEMBELAJARAN IPA TEHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V SD N 89 PALEMBANG

Adela Puspita, Sari (2024) PENGARUH METODE BERNYANYI PADA PEMBELAJARAN IPA TEHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V SD N 89 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
C. COVER + PENGESAHAN.pdf

Download (317kB)
[img] Text
A. ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (74kB)
[img] Text
F. BAB I.pdf

Download (7MB)
[img] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode bernyanyi pada pembelajaran IPA terhadap hasil elajar siswa di kelas V SD N 89 Palembang. Metode bernyanyi merupakan suatu metode dalam proses pembelajaran yang menyenangkan bagi anak- anak agar mereka lebih semangat, antusias belajar dan tidak cepat bosan dalam belajar. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas V yang berjumlah 48 siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang dimana dalam penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu, kelas VA merupakan kelas eksperimen dengan menggunakan metode pembelajaran bernyanyi, sedangkan untuk kelas VC merupakan kelas kontrol yang dimana menggunakan metode pembelajaran ceramah. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan metode bernyanyi terhadap hasil belajar siswa kelas V SD N 89 Palembang. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 82,20 sedangkan untuk kelas control diperoleh nilai rata-rata sebesar 73,375. Hasil dari uji normalitas yaitu .083 > 0,05 yang menunjukkan berdistribusi normal. Sedangkan untuk uji Homogenitas yaitu 0,253 > 0,05 dapat disimpulkan bahwa memiliki varians yang sama yang dinyatakan homogen. Dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji Independent T tes yaitu t-hitung 3.665 dari t-tabel 1.338, maka Ha diterima dan Ho ditolak, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap metode bernyanypada pembelajaran IPA di kelas V SD N 89 Palembang.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorSukmaniar, SukmaniarNIDN0226038903
ContributorSunedi, SunediNIDN0203058801
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 26 Sep 2024 07:30
Last Modified: 26 Sep 2024 07:30
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/717

Actions (login required)

View Item View Item