Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS X SMA

ANGGRAINI SUSINO, SELPIA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS X SMA. skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.

[img] Text
d. COVER + Lembar Pengesahan.pdf

Download (139kB)
[img] Text
a. ABSTRAK - Indonesia.docx

Download (28kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (291kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB)

Abstract

Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) merupakan suatu model pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai langkah awal bagi siswa untuk belajar dalam mendapatkan pengetahuan dan konsep esensi dari materi pembelajaran yang telah dimiliki siswa sebelumnya, sehingga terbentuklah pengetahuan yang baru untuk membantu siswa memecahkan permasalahan pada kehidupan nyatanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Barisan dan Deret Kelas X SMA Negeri 1 Betung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode True Eksperimen Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 1 Betung Semester Ganjil. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas X SMA Negeri 1 Betung Semester Ganjil yaitu Kelas X.2, yang terdiri dari 12 laki-laki dan 24 perempuan, dan Kelas X.3, yang terdiri dari 14 laki-laki dan 22 perempuan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti dalam penelitian berupa tes yang berbentuk esay, yang digunakan untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning). Sehingga setelah melakukan analisis data yang menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Betung. Kata kunci : Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Barisan dan Deret

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
CollaboratorDESTINIAR, DESTINIARUNSPECIFIED
CollaboratorFITRI PUSPA SARI, EKAUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Feri Hidayat
Date Deposited: 26 Jun 2024 03:22
Last Modified: 26 Jun 2024 03:22
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/63

Actions (login required)

View Item View Item