Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH LITERASI DIGITAL DENGAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI 79 PALEMBANG

RIRIN GUMAY, TRI (2024) PENGARUH LITERASI DIGITAL DENGAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI 79 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
D. COVER + LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (402kB)
[img] Text
A. ABSTRAK INDO.pdf

Download (81kB)
[img] Text
F. BAB I.pdf

Download (94kB)
[img] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)

Abstract

Peserta didik masih kurang memahami pembelajaran Bahasa Indonesia secara utuh. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh literasi digital dengan metode pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri 79 Palembang. Metode penelitian adalah metode kuntitatif eksperimen melibatkan 60 sampel kelas IV.A dan IV.C. Teknik Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu, uji normalitas, uji homogenitas, uji t dan uji hipotesis. Hasil penelitian adalah pada kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata post-test 71.5000 data tersebut menunjukan bahwa kelas kontrol masih belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia yaitu 75. Pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata posttest 81.3333 data tersebut menunjukan bahwa kelas eksperimen sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia yaitu 75. Sedangkan hasil uji normalitas menunjukan bahwa data posttest kedua kelompok siswa yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki sebaran data yang berdistribusi normal, dengan nilai signifikan posttest pada kelas eksperimen 0,015 dan 0,135 pada kelas kontrol, hasil uji homogenitas diperoleh nilai sebesar 0,839 lebih besar dari 0,05 dapat dinyatakan bahwa data tersebut homogen, pada pengujian hipotesis pada uji t (independent sampel tets) diperoleh nilai sig 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan nilai signifikan lebih kecil dari 0,05, maka Ho di tolak dan Ha diterima. Disimpulkan bahwa sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorYasir, ArafatNIDN0214067501
ContributorSusanti Faipri, SelegiNIDN0209048401
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 07 Oct 2024 02:19
Last Modified: 07 Oct 2024 02:19
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/591

Actions (login required)

View Item View Item