Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL TAKE AND GIVE BERBANTUAN MEDIA KARTU NUSANTARA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SDN 136 PALEMBANG PADA MATERI INDONESIAKU KAYA BUDAYAKU MATA PELAJARAN IPAS

NIKEN PAULA, MARISKA (2024) PENGARUH MODEL TAKE AND GIVE BERBANTUAN MEDIA KARTU NUSANTARA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SDN 136 PALEMBANG PADA MATERI INDONESIAKU KAYA BUDAYAKU MATA PELAJARAN IPAS. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (266kB)
[img] Text
Abstrak Bahasa Indonesia.pdf

Download (120kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (213kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model take and give berbantuan media kartu nusantara terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN 136 Palembang pada materi Indonesiaku Kaya Budayaku Mata Pelajaran IPAS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada/tidak adanya pengaruh model pembelajaran take and give berbantuan media kartu nusantara terhadap kemampuan berpikir ktitis siswa Kelas IV SDN 136 Palembang pada materi Indonesiaku Kaya Budayaku Mata Pelajaran IPAS. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan menggunakan metode true experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 136 Palembang yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah 115 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian adalah siswa kelas IV B berjumlah 30 orang dan IV D yang berjumlah 30 orang. Teknik penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik probabability sampling dengan jenis simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes tertulis. Teknik analisis data menggunakan rumus uji-t dengan bantuan SPSS 25. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis pada penerapan model pembelajaran take and give lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan berpikir kritis dengan penerapan model konvensional. Hal ini didasarkan pada hasil uji hipotesis terlihat nilai signifikansi 0,002 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran take and give menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN 136 Palembang Pada mata Pelajaran IPAS.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorMaharani, OktaviaNIDN0208108401
ContributorPuji, AyurachmawatiNIDN0211118806
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 07 Oct 2024 03:25
Last Modified: 07 Oct 2024 03:25
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/575

Actions (login required)

View Item View Item