Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN ANALOGI MATEMATIS DAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD NEGERI 139 PALEMBANG

Mella Fitriani, Putri (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN ANALOGI MATEMATIS DAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD NEGERI 139 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
Cover dan pengesahan (Mella Fitriani Put.pdf

Download (654kB)
[img] Text
abstrak Indonesia MellaFp.pdf

Download (112kB)
[img] Text
BAB I MellaFp.pdf

Download (133kB)

Abstract

Problem Based Learning (PBL) merupakan cara yang dilakukan guru untuk mengajar peserta didik dalam menelusuri suatu permasalahan yang diperoleh dari dunia nyata ataupun dunia maya berdasarkan materi yang sedang dibahasa, dan mencari solusinya dari informasi yang relevan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan analogi matematis dan berpikir kritis siswa SD Negeri 139 Palembang. Metode penelitian ini menggunakan metode true-experimental dengan memakai posttest-only control desaign. Populasi yaitu seluruh peserta didik kelas I sampai IV SD Negeri 139 Palembang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling, sehingga didapat sampel yaitu kelas III.A sebagai kelas eksperimen menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan kelas III.B sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data diambil dengan memberikan tes kemampuan analogi matematis dan berpikir kritis. Teknik analisis data menggunakan uji MANOVA dan uji korelasi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan analogi matematis dan berpikir kritis peserta didik kelas III SDN 139 Palembang, dan terdapat korelasi antara kemampuan analogi matematis dan berpikir kritis peserta didik kelas III SDN 139 Palembang.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorNila, KesumawatiNIDN0018086701
ContributorAdrianus, DedyNIDN0227077601
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 07 Oct 2024 04:45
Last Modified: 07 Oct 2024 04:45
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/567

Actions (login required)

View Item View Item