Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FLIPBOOK BERBASIS CANVA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SEKOLAH DASAR

AYUTI, YUNINGSI (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FLIPBOOK BERBASIS CANVA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SEKOLAH DASAR. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER + Lembar Pengesahan.pdf

Download (44kB)
[img] Text
a. ABSTRAK - Indonesia.pdf

Download (105kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (405kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB)

Abstract

Penggunaan Bahan Ajar terutama pada bahan ajar digital pada kelas V kurang maksimal. Oleh karena itu perlu adanya pengembangan bahan ajar siklus air berbasis flipbook digital. Dalam proses pembelajaran di perlukan bahan ajar yang memanfaatkan teknologi, agar peserta didik lebih tertarik dalam belajar. Penggunaan bahan ajar terutama bahan ajar digital pada kelas V masih kurang maksimal. Oleh karena itu perlu adanya pengembangan bahan ajar flipbook berbasis canva pada mata pelajaran IPA di kelas V Sekolah Dasar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengembangan produk bahan ajar flipbook berbasis canva yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan peneliti dalam pengembangan Bahan Ajar Flipbook Berbasis Canva ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) mengacu pada model ADDIE yang terdiri dari Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk bahan ajar flipbook berbasis canva yang dikembangkan dalam penelitian ini, terdapat tiga aspek yang dinilai dalam kevalidan ini, yaitu kevalidan media, materi dan bahasa. Adapun hasil validasi oleh validator memperoleh nilai rata-rata 85,46% dengan kategori sangat valid. dengan tingkat kevalidan memperoleh 93% dengan kategori “sangat valid”. Untuk hasil kepraktisan berdasarkan pada uji coba lapangan one to one memperoleh 94% dan uji coba lapangan small group .90,2% jadi di kategorikan “sangat praktis”. Kemudian hasil nilai dari keefektifan mendapatkan presentase 81,81% dengan kategori “baik/efektif”.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorDessy, WardiahNIDN0225127701
ContributorEndang, SurtiyoniNIDN0202059103
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 22 Jul 2024 02:37
Last Modified: 22 Jul 2024 02:37
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/376

Actions (login required)

View Item View Item