Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Novitasari, Dinda (2025) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (104kB)
[img] Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (154kB)
[img] Text
BAB 1 .pdf

Download (229kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas IV SD Negeri 96 Palembang. Penelelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain one group pretest and postttest design dengan seluruh sampel berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa Tes yang terdiri dari 10 soal pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian dari hasil akhir analisis data nilai Posttest memiliki nilai rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata pretest, yaitu nilai rata-rata Posttest 83,00 sedangkan nilai rata-rata Pretest 53,00. Dengan nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,000dan t tabel yaitu 0,05, maka nilai sig. (2-tailed) ≤ t tabel atau 0,000 ≤ 0,05 yang artinya terdapat pengaruh model kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar pendidikan pancasila siswa kelas IV SD Negeri 96 Palembang. Kata Kunci : Model kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar pendidikan pancasila

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorDisurya, RamanataUNSPECIFIED
ContributorImansyah, FarizalUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 33
Date Deposited: 28 Aug 2025 03:40
Last Modified: 28 Aug 2025 03:40
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3661

Actions (login required)

View Item View Item