DANTI, PUTRI RAMA (2025) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA KELAS IV MATERI BILANGAN CACAH DI SDN 136 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
![]() |
Text
cover.pdf Download (113kB) |
![]() |
Text
abstrak bahasa indonesia.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (289kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (305kB) |
Abstract
Kemampuan literasi numerasi siswa kelas IV tergolong rendah. Sebagian besar siswa menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang sulit, sehingga berdampak pada rendahnya pemahaman konsep dan kemampuan menyelesaikan soal cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi numerasi siswa dalam menyelesaikan soal cerita bilangan cacah. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi numerasi siswa kelas IV dalam materi bilangan cacah sebagian besar berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata 68,07. Indikator tertinggi terdapat pada aspek kemampuan mengambil kesimpulan (77,84%), sedangkan indikator terendah terdapat pada aspek analisis informasi (35,82%). Kesulitan utama yang dihadapi siswa adalah dalam memahami soal cerita dan melakukan penalaran matematis. Berdasarkan temuan tersebut, penelitian merekomendasikan penerapan strategi pembelajaran yang kontekstual dan interaktif guna meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa. Kata Kunci: Literasi numerasi, bilangan cacah
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Repo User 33 | |||||||||
Date Deposited: | 27 Aug 2025 03:47 | |||||||||
Last Modified: | 27 Aug 2025 03:47 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3605 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |