Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Juliani, Yusti (2025) PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
Cover.pdf

Download (160kB)
[img] Text
ABSTRAK-INDONESIA.pdf

Download (79kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (209kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (207kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari literasi digital terhadap kemandirian belajar IPAS siswa kelas V sekolah dasar sebagai upaya meningkatkan pembelajaran abad 21 yang menekankan pada kemampuan literasi dan kemandirian belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu (quasi experiment). Variabel bebas dari penelitian ini yaitu media audio visual dan variabel terikat yaitu hasil belajar IPAS. Metode penelitian ini menggunakan desain postest control group design dengan sampel siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan jumlah siswa 57. Hasil analisis data post test menunjukkan bawa rata-rata nilai eksperimen 84,38 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan nilai rata-rata 57,8. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t, pada pengujian hipotesis diperoleh nilai t_hitung 17,317<t_tabel dan diperoleh juga t_hitung 2,004 < t_tabel berdasarkan uji independent sampel test-t pada penelitian ini diperoleh nilai sig (2-tailled) 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai signifikan lebih kecil dari 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima (terdapat pengaruh). Dengan demikian, penggunaan media literasi digital berbasis video animasi terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan kemandirian belajar IPAS siswa kelas V di SDN 30 Palembang. Kata Kunci : Literasi Digital, Kemandirian Belajar, IPAS

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorPratiwi, EttyUNSPECIFIED
ContributorPrasrihamni, MegaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 16
Date Deposited: 27 Aug 2025 02:17
Last Modified: 27 Aug 2025 02:17
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3572

Actions (login required)

View Item View Item