Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Matematic Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika di SD Negeri 19 Sembawa

Kurnia, Kurnia (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Matematic Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika di SD Negeri 19 Sembawa. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER Skripsi.pdf

Download (178kB)
[img] Text
ABSTRAK-Indonesia.pdf

Download (515kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (557kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (405kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Pengaruh Model Model Pembelajaran Realistic Matematic Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan metode eksperimen yang digunakan yaitu metode True Experimental Design (Pretest-Posttest Control Group Design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V di SD Negeri 19 Sembawa tahun pelajaran 2024/2025 terdiri dari tiga kelas yang berjumlah 83 siswa. Dua kelas dipilih sebagai sampel penelitian yaitu kelas V.A dengan jumlah siswa 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas V.B dengan jumlah siswa 27 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian ini sudah melalui uji validitas, uji reabilitas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu hasil tes belajar siswa yang di analisis menggunakan uji t (uji independent sample t-test). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Realistic Matematic Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Siswa di SD Negeri 19 Sembawa dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas eksperimen adalah pretest 47,60 dan posttest 76,80 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah pretest 40,00 dan posttest 59,26. Kemudian dikuatkan dari hasil uji statistik menggunakan Independen Sampel t-test menunjukan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,025 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Realistic Matematic Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas V Pada Mata pelajaran Matematika di SD Negeri 19 Sembawa. Kata kunci: Realistic Matematic Education, hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorHetilaniar, HetilaniarUNSPECIFIED
ContributorAmiruddin, AmiruddinUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 20
Date Deposited: 27 Aug 2025 01:56
Last Modified: 27 Aug 2025 01:56
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3545

Actions (login required)

View Item View Item