FADHILAH, FADHILAH (2025) DESAIN DIDAKTIS KONSEP KESEBANGUNAN UNTUK SISWA KELAS VII SMP. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (144kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (498kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (234kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap hambatan belajar (learning obstacle) yang dialami siswa dalam memahami konsep kesebangunan, menyusun Hypothetical Learning Trajectory (HLT), serta mengembangkan desain didaktis yang bertujuan mengurangi hambatan tersebut pada siswa kelas VII SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Didactical Design Research (DDR) yang terdiri dari tiga tahap utama. Pada tahap analisis prospektif, dilakukan kajian terhadap buku teks dan perangkat pembelajaran, pelaksanaan tes diagnostik serta tes prasyarat, dan wawancara dengan guru maupun siswa. Hasil dari tahap ini digunakan untuk mengidentifikasi hambatan belajar, menyusun HLT, dan merancang desain didaktis hipotetik. HLT yang dikembangkan mencakup tiga tujuan pembelajaran, yaitu: mengenali konsep kesebangunan secara informal, menerapkan syarat kesebangunan untuk mengidentifikasi segitiga yang sebangun, serta menyelesaikan masalah kontekstual menggunakan prinsip kesebangunan. Pada tahap metapedadidaktik, desain didaktis diimplementasikan di kelas dan respons siswa dianalisis untuk melihat kesesuaian dengan prediksi awal. Kemudian pada tahap analisis retrospektif, hasil implementasi dibandingkan dengan prediksi sebelumnya guna merevisi dan menyempurnakan desain pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan signifikan pada lima hambatan utama setelah desain didaktis diimplementasikan yakni kesulitan dalam identifikasi visual dari 96,7% menjadi 12%, ketidakpahaman terhadap syarat kesebangunan dari 100% menjadi 0%, kesalahan dalam membandingkan sisi bersesuaian dari 96,7% menjadi 36%, hambatan dalam representasi visual dari 90% menjadi 20%, serta kesulitan dalam menganalisis rasio dari 96,7% menjadi 16%. Sehingga penelitian ini menunjukkan bahwa desain didaktis dapat mengurangi hambatan belajar siswa pada materi kesebangunan. Kata Kunci: didactical design research, hypothetical learning trajectory, learning obstacle, kesebangunan
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | Repo User 115 | |||||||||
Date Deposited: | 27 Aug 2025 01:55 | |||||||||
Last Modified: | 27 Aug 2025 01:55 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3541 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |