Rendi, Rendi (2025) PENGGUNAAN YOUTUBE UNTUK PEMBELAJARAN MATERI “INDONESIAKU KAYA ALAMNYA” PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 10 SUNGAI ROTAN. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (149kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (160kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (228kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (177kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan YouTube dalam pembelajaran materi “Indonesiaku Kaya Alamnya” pada siswa kelas V SD Negeri 10 Sungai Rotan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara tertutup, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi guru kelas V, kepala sekolah, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan YouTube dalam pembelajaran telah berjalan dengan baik. Guru memilih dan menayangkan video yang sesuai dengan materi secara langsung di kelas sebagai bagian dari kegiatan inti pembelajaran. Siswa menunjukkan ketertarikan, keterlibatan aktif, dan pemahaman yang baik terhadap isi video. Evaluasi dilakukan secara lisan melalui tanya jawab, yang menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mampu menjawab pertanyaan guru dengan benar. Penggunaan YouTube terbukti memberikan dampak positif dalam menciptakan pembelajaran yang lebih menarik, interaktif, dan kontekstual. Dengan demikian, media YouTube dapat menjadi alternatif yang efektif dalam mendukung pembelajaran IPAS di sekolah dasar. Kata Kunci: YouTube, Pembelajaran IPAS, Indonesiaku Kaya Alamnya
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Repo User 01 | |||||||||
Date Deposited: | 27 Aug 2025 01:53 | |||||||||
Last Modified: | 27 Aug 2025 01:53 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3539 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |