Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENERAPAN LIVING VALUE EDUCATION PROGRAM (LVEP) DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH 11 PALEMBANG

Lufiana, Fitria (2025) PENERAPAN LIVING VALUE EDUCATION PROGRAM (LVEP) DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH 11 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER + Lembar Pengesahan.pdf

Download (268kB)
[img] Text
a. ABSTRAK-Indonesia.pdf

Download (120kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (126kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (180kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Living Value Education Program (LVEP) dalam membentuk karakter anak usia dini di TK Aisyiyah 11 Palembang. Pendidikan karakter sangat penting ditanamkan sejak usia dini karena masa ini merupakan golden age perkembangan anak, baik secara fisik, kognitif, maupun emosional. Fenomena degradasi moral seperti individualisme, kurangnya toleransi, dan perilaku agresif pada anak menunjukkan perlunya pendekatan yang efektif dalam membentuk karakter sejak dini. LVEP sebagai program pendidikan nilai yang dikembangkan dengan dukungan UNESCO menekankan pada nilai-nilai universal seperti kejujuran, tanggung jawab, toleransi, dan kedamaian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan LVEP di TK Aisyiyah 11 dilakukan melalui berbagai aktivitas pembelajaran yang terintegrasi dengan nilai-nilai kehidupan. Guru menggunakan pendekatan bermain sambil belajar, bercerita, diskusi, dan kegiatan refleksi untuk menanamkan nilai-nilai tersebut. Dampak positif terlihat pada perubahan perilaku anak yang menjadi lebih kooperatif, bertanggung jawab, dan menunjukkan empati terhadap teman. Meskipun demikian, terdapat tantangan dalam penerapan LVEP, seperti kurangnya pemahaman orang tua dan konsistensi nilai yang diajarkan di rumah. Secara keseluruhan, penerapan LVEP terbukti efektif dalam membentuk karakter anak usia dini dan direkomendasikan sebagai pendekatan alternatif dalam pendidikan karakter di lingkungan PAUD. Kata Kunci: anak usia dini, Living Value Education Program (LVEP), nilai-nilai kehidupan, Pendidikan karakter

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorLian, BukmanUNSPECIFIED
ContributorSari, MardianaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Repo User 19
Date Deposited: 21 Aug 2025 04:44
Last Modified: 21 Aug 2025 04:44
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3505

Actions (login required)

View Item View Item