Fadillah, Nur (2025) ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBASIS MEDIA WORDWALL PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN SISWA KELAS V. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
![]() |
Text
COVER .pdf Download (132kB) |
![]() |
Text
Abstrak bahasa indonesia Nur Fadillah.pdf Download (176kB) |
![]() |
Text
BAB I Nur fadillah.pdf Download (273kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka Nur Fadillah.pdf Download (196kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbasis media Wordwall pada materi sistem pencernaan siswa kelas V SD. Latar belakang penelitian ini adalah perlunya pembelajaran yang mendorong keterlibatan aktif dan pemahaman konsep secara menyeluruh. Model TPS dipilih karena mengedepankan interaksi melalui tahapan berpikir, berpasangan, dan berbagi, sedangkan Wordwall digunakan untuk menciptakan aktivitas belajar yang interaktif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, angket, dan wawancara terhadap 24 siswa, 1 guru, dan 1 kepala sekolah. Subjek penelitian adalah 27 siswa kelas V di SD Negeri 72 Palembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan TPS berbasis Wordwall berdampak positif terhadap pembelajaran. Siswa lebih aktif berdiskusi, memahami materi dengan lebih baik, dan antusias dalam menggunakan media digital. Guru menyatakan bahwa model ini membantu mengembangkan keterampilan sosial dan berpikir kritis siswa. Namun, keterbatasan perangkat dan jaringan internet menjadi tantangan dalam pelaksanaannya. Secara keseluruhan, model TPS berbasis Wordwall dinilai efektif meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa serta mendukung pelaksanaan Kurikulum Merdeka.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Repo User 199 | |||||||||
Date Deposited: | 21 Aug 2025 04:44 | |||||||||
Last Modified: | 21 Aug 2025 04:44 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3503 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |