Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBEAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI 243 PALEMBANG

Sulistiani, Sulistiani (2025) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBEAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI 243 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (199kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (285kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (421kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (424kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan unttuk menganalisis Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri 243 Palembang. Metode ini menggunakan pada penelitian ini adalah metode True Experimental Design. Menggunakan design Posttes Control Group Design Sampel pada penelitian ini Purposive Sampling. Sampel yang digunakan kelas IV B dan IV C yang berjumlah 60 siswa sebgai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Berdasarkan hasil penelitian kelas yang diberikan perlakuan model blended learning dengan nilai rata-rata 77,3 dan kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan 70,3.Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran blended learning berpengaruh terhadap hasil belajat siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis menggunakan uji paired sampel tes pada α = 0,05 diperoleh nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,045<0,05 dengan kesimpulan Ha diterima. Maka dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia pada materi teks narasi di kelas IV SD Negeri 243 Palembang. Kata Kunci : Pembelajaran Blended Learning, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorHermansyah, HermansyahUNSPECIFIED
ContributorPrasrihamni, MegaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 38
Date Deposited: 21 Aug 2025 04:38
Last Modified: 21 Aug 2025 04:38
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3496

Actions (login required)

View Item View Item