Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

ANALISIS LITERASI BACA TULIS SISWA DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV DI SD NEGERI 08 PAYARAMAN

Hastuti, Nely (2025) ANALISIS LITERASI BACA TULIS SISWA DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV DI SD NEGERI 08 PAYARAMAN. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER...pdf

Download (44kB)
[img] Text
1. ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (72kB)
[img] Text
6. BAB I.pdf

Download (230kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi baca tulis siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 08 Payaraman. Literasi baca tulis merupakan salah satu kompetensi dasar yang penting dalam menunjang keberhasilan belajar siswa di berbagai bidang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi langsung terhadap aktivitas pembelajaran serta wawancara terstruktur dengan kepala sekolah, guru kelas IV, dan beberapa siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan literasi baca tulis telah dilaksanakan secara rutin dan menjadi bagian integral dari proses pembelajaran di sekolah. Mayoritas siswa telah menunjukkan kemampuan membaca pemahaman dan menulis dengan struktur yang cukup baik. Sekolah telah menyediakan fasilitas pendukung seperti perpustakaan dan pojok baca, meskipun penggunaannya masih perlu ditingkatkan. Kendala utama yang dihadapi siswa dalam literasi adalah keterbatasan kosakata, rendahnya minat baca, serta kesulitan dalam memahami makna tersirat dari teks. Selain itu, lingkungan keluarga juga berperan penting dalam membentuk kebiasaan membaca dan menulis siswa di rumah.Dari hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi baca tulis siswa kelas IV tergolong cukup baik, namun masih diperlukan strategi pembelajaran yang lebih adaptif, kolaboratif, serta pelibatan aktif orang tua untuk mengatasi hambatan yang dihadapi sebagian siswa. Penelitian ini merekomendasikan penguatan lingkungan literat di sekolah dan rumah sebagai upaya peningkatan keterampilan literasi secara menyeluruh. Kata Kunci: Literasi, Baca Tulis, Bahasa Indonesia,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorHetilaniar, HetilaniarUNSPECIFIED
ContributorSelegi, Susanti FaipriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 72
Date Deposited: 21 Aug 2025 02:40
Last Modified: 21 Aug 2025 02:40
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3442

Actions (login required)

View Item View Item