Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM GEMBROT TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS IV SD

Wahyu Ragil Catur, Saputro (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM GEMBROT TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS IV SD. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER + LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (47kB)
[img] Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (124kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (61kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan masih rendahnya hasil belajar siswa, model yang digunakan guru kurang bervariasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PAIKEM GEMBROT terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain nonequivalent control grup design. Sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling sehingga mendapatkan kelas IV A berjumlah 21 siswa sebagai kelas eskperimen dan Kelas IV B berjumlah 21 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t (independent sample t-test). Berdasarkan nilai output dihasilkan nilai signifikansi adalah 0,001 < α (α = 0,05) dan thitung > ttabel atau 3,715 > 2,201, maka tolak H0 dan terima Ha. Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh signifikan model pembelajaran PAIKEM GEMBROT terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV SD.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorRamanata, DisuryaNIDN0225126601
ContributorAdrianus, DedyNIDN0227077601
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 22 Jul 2024 02:01
Last Modified: 22 Jul 2024 02:01
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/337

Actions (login required)

View Item View Item