Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBASIS WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI BANGUN RUANG KELAS V SD

TRI, NOVIANA (2024) PENGARUH MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBASIS WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI BANGUN RUANG KELAS V SD. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
D. COVER+LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (31kB)
[img] Text
A. ABSTRAK_B.INDONESIA.pdf

Download (112kB)
[img] Text
F. BAB I.pdf

Download (188kB)
[img] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB)

Abstract

Pendidikan di sekolah terdapat berbagai mata pelajaran yang harus dikuasai oleh peserta didik, salah satunya adalah matematika. Pembelajaran matematika bertujuan untuk mengembangkan pola pikir kritis dan kemampuan berhitung pada peserta didik. Namun, materi matematika ketika proses pembelajaran sering dianggap monoton dan membosankan oleh beberapa peserta didik. Untuk mengatasi hal ini, diterapkan model pembelajaran Teams Games Tournament karena model ini dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dalam pelajaran matematika. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Teams Games Tournament (TGT) berbasis wordwall terhadap hasil belajar materi bangun ruang kelas V SD. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen. Dengan menggunakan desain True Eksperimental Design, yaitu posttest only control design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas V.A dan kelas V.C dengan total 62 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes, dan teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Pengujian hipotesis menggunakan uji independent sample t-test. Hasil analisis hipotesis menunjukkan bahwa nilai tingkat signifikansi < 0,05 (0,000-0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Teams Games Tournament (TGT) berbasis Wordwall layak untuk diterapkan dalam pembelajaran dan memiliki pengaruh yang signifikan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorRamanata, DisuryaNIDN0225126601
ContributorFarizal, ImansyahNIDN0212028703
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 22 Jul 2024 02:01
Last Modified: 22 Jul 2024 02:01
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/336

Actions (login required)

View Item View Item