Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMEN (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA KELAS V

Sabilla, Alda Savrina (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMEN (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA KELAS V. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.

[img] Text
aldaaa1.pdf

Download (12MB)
[img] Text
abstrak b.indonesia_aldaaa.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BAB I_aldaa.pdf

Download (172kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_aldaa.pdf

Download (188kB)

Abstract

​Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas V Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest Kontrol group. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas VA dan VB di SD Negeri 101 Palembang, dengan satu kelas sebagai kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran TGT dan satu kelas sebagai kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berupa tes pilihan ganda yang telah divalidasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran TGT dibandingkan dengan siswa yang menggunakan metode konvensional. Rata-rata nilai posttest siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Temuan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran TGT berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi IPA. Oleh karena itu, model TGT dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa di tingkat sekolah dasar. Kata kunci: Hasil belajar, Pembelajaran kooperatif,Teams Games Tournament.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorNuranisa, NuranisaUNSPECIFIED
ContributorHermansyah, HermansyahUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 38
Date Deposited: 16 Jul 2025 03:46
Last Modified: 16 Jul 2025 03:46
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3275

Actions (login required)

View Item View Item